Wednesday, September 8, 2010

Mudik yuuuuuuuk

Tidak terasa sebentar lagi mau lebaran. Banyak masyarakat yang pulang ke kampung halamannya untuk merayakan hari lebaran bersama keluarga. Mudik menjadi hal yang biasa setiap tahunnya dan ini adalah ciri khas dari masyarakat Indonesia. Ada yang mudik menggunakan kereta, mobil, motor, bis, dan pesawat terbang. Semua itu dilakukan karena mereka ingin bersilahturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Tetapi setiap tahun pasti ada saja kasus kecelakaan yang terjadi. Banyak masyarakat yang pergi mudik tetapi tidak memperhatikan keselamatan, baik dari si pengendara maupun dari si penumpang. Kita pasti sudah sering sekali melihat ada anak yang masih kecil yang berlibur menggunakan sepeda motor digendong diantara ayah dan ibunya atau duduk di depan ayahnya yang mengendarai motor. Bila anak tersebut digendong di antara ayah dan ibunya, anak tersebut akan kekurangan oksigen dan lemas ketika sampai di tempat tujuan, bahkan juga bisa meninggal dunia.

Ini adalah salah satu contoh cara mudik yang salah dan beresiko. Murah sih boleh saja, tetapi harus mementingkan keselamatan. Kalau tidak mementingkan keselamatan, hari raya yang seharusnya membahagiakan menjadi malapetaka. Sebaiknya kalau ingin pergi mudik naiklah kendaraan yang lebih aman seperti kereta api atau pesawat terbang.

Sekian dulu dari saya dan selamat hari raya idul fitri 1431 H.

No comments:

Post a Comment